Jumat, 08 Februari 2013

Cloud Atlas

Kembali lagi ke film dengan tema yang serius bin berat. Kali ini saya ingin membahas tentang Cloud Atlas. Film ini bercerita tentang kehidupan manusia dengan rentang waktu yang saaangat panjang. Plot film ini mulai dari abad 19 hingga nun jauh di masa depan. Jadi kita harus maklum kalau durasi film ini hampir mencapai 3 (tiga) jam.

Film ini membawa pesan moral yang sangat dalam. Sebegitu dalamnya sampai saya sendiri sulit memahami apa sebenarnya yang ingin disampaikan lewat film ini. Pada akhirnya yang saya tangkap hanyalah prinsip "the weak is meat, the strong do eat". Film ini sepertinya ingin mengatakan bahwa prinsip ngawur ini telah merusak kehidupan manusia dengan berbagai dampak negatifnya... berkali-kali... dalam rentang waktu yang sangat panjang seperti ditunjukan film ini.

Yang menarik dari film ini dan mampu membuat saya bertahan selama hampir 3 (tiga) jam menontonnya adalah karena film ini dibagi menjadi 6 (enam) cerita yang cukup menarik untuk diikuti. Terus terang saja, bila cerita-cerita ini dituangkan ke dalam 6 (enam) film berbeda, saya mungkin akan menonton beberapa film saja; tidak semua. Akan tetapi, setiap cerita di film ini memang memiliki pointer yang seolah-olah membentuk benang merah dalam kehidupan manusia dari abad 19 hingga jauh di masa depan.

Hal lain yang juga menarik --dan sepertinya unik-- dalam film ini adalah setiap cerita itu melibatkan aktor-aktor yang sama. Di sinilah ajang para make-up artist (crew) untuk membuktikan kebolehannya karena setiap aktor memiliki tampilan yang berbeda; sangat berbeda. Walaupun ada beberapa aktor, misalnya Tom Hanks, yang mudah dikenali di setiap cerita, ada aktor-aktor lain yang bahkan tidak saya kenali bila saya tidak melihat daftar cast-nya di IMDB.

Durasi yang ekstra lama tidak membuat film ini menjadi bertele-tele dan pada akhirnya membosankan. Selain itu, 6 (enam) cerita yang ada di dalam film ini pun pada dasarnya menarik. Secara keseluruhan, film ini sangat bisa dinikmati. Penikmat film ini pun bisa datang dari berbagai jenis audience karena 6 (enam) cerita dalam film ini datang dari berbagai genre film. Hanya saja tema yang diangkat terlalu kompleks, dan beberapa adegan terlalu blakblakan, membuat film ini tidak akan cocok untuk ditonton anak-anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.